Bikin Blog di Facebook

facebookDalam Fb memang tidak ada fitur resmi untuk membuat blog. Tetapi berkat aplikasi buatan para pengguna Fb, terdapat beberapa aplikasi blog yang siap digunakan dalam pembuatan blog dalam Fb. Meski beberapa diantaranya masih dalam tahap pengembangan lebih lanjut, tapi tidak ada salahnya untuk dicoba.

Langkah 1
Dalam keadaan anda sudah logged in ke dalam account Fb anda, cobalah untuk memasukkan blog pada bagian search untuk mencari aplikasi blog yang tersedia.

Langkah 2
akan muncul beberapa aplikasi blog yang dibuat oleh pihak yang berbeda. Kali ini pilihlah yang merupakan buatan Shujaat Bin Tariq dengan ikon B berwarna biru. Klik (View Application).

Langkah 3
Selanjutnya akan muncul halaman utama aplikasi Blog tersebut. Klik [ Go to to Application ]

Langkah 4
Kemudian Anda akan mendapatkan beberapa blog yang telah dipublikasikan oleh pengguna Fb lainnya dengan aplikasi yang sama. Di halaman ini juga terdapat link untuk membuat blog pertama anda. Klik [Create New Blog Entry]

Langkah 5
Sebelum anda dapat membuat sebuah blog entry baru, anda harus mengaktifkan Face Blog. Klik [Add Face Blog].

Langkah 6
Di halaman berikutnya anda akan diminta konfirmasi untuk memberikan akses untuk tampilan profil dan segala sesuatu yang berkenaan dengan data diri anda di Facebook. Klik [Allow].

Langkah 7
Anda akan menjumpai kembali tampilan halaman yang sama dengan sebelumnya. Klik [Create New Blog Entry].

Langkah 8
Ada baiknya anda membuat kategori terlebih dahulu untuk membuat blog Anda menjahdi lebih rapi berdasarkan topik2 berbeda yang anda buat. Untuk itu klik tab [Categories] lalu [Add New Category].

Langkah 9
Pada dialog box [Add New Category], berikan nama untuk kategori tersebut pada bagian [Title]. Untuk [Description] berikan penjelasan singkat mengenai kategori tersebut, atau bisa juga anda tinggalkan dalam keadaan kosong. Klik [Add].

Langkah 10
sejurus kemudian kategori baru yang telah anda buat kini sudah tercantum di dalam blog anda.

Langkah 11
Anda bisa membuat beberapa kategori lainnya dengan cara yang sama. Jika demikian, maka nantinya di bagian Categories akan muncul nama-nama kategori yang telah Anda buat. Kali ini anda harus bisa membuat blog entry dengan mengklik [Create New Blog Entry].

Langkah 12
Sebenarnya untuk aplikasi blog buatan Shujaat Bin Tariq ini memiliki fitur WYSIWYG editor, namun saat artikel ini disusun ternyata masih terdapat perbaikan. Karena itu kali ini tampilannya tak ubahnya dengan basic editor. Masukkan nama judul pada title dan pilih kategori yang anda inginkan.

Langkah 13
Anda bisa memasukkan artikel blog anda di bagian yang telah disediakan, sayangnya kali ini fitur WYSIWYG editor masih belum berfungsi. Tetapi anda bisa menyertakan link video youtube disini.

Langkah 14
Untuk memasukkan video dari youtube, cari video yang anda cari menggunakan fasiltas search di youtube.

Langkah 15
Setelah anda mendapatkan hasil dari pencarian video, klik salah satu yang anda inginkan. Lalu copy alamat URL dari video tersebut.

Langkah 16
Masukkan URL dari video yang anda dapatkan dari youtube di bagian video URL.

Langkah 17
Setelah semuanya anda yakini telah terisi dengan benar, klik [Publish].

Langkah 18
Kemudian anda akan dapatkan pesan bahwa blog anda telah selesai dibuat.

Alternatif lainnya blog di Facebook adalah sama dengan cara pertama, klik ‘Blog’ pada bagian search didalam fb. Pilihlah aplikasi blog urutan kedua yang dibuat oleh Alastair Paterson. Caranya mudah saja ko, tinggal anda ikutin saja.

Akhirnya, selamat anda sudah punya Blog di Facebook. Silahkan mencoba dengan yang lainnya.

0 komentar:

Posting Komentar