Membersihkan Virus Shortcut Tanpa Install Ulang Komputer


Sudah cukup lama saya tidak update tulisan di blog saya ini, bukan karena saya malas atau terlalu sibuk dengan aktifitas lain sebenarnya, namun karena komputer saya eror karena terkena virus yang membentuk shortcut-shortcut, jadi saya menyebutnya virus shortcut saja meskipun ada juga yang menyebutnya virus shortcut 1234 Runmit.

Akibat dari serangan virus tersebut akhirnya saya harus meng-install ulang komputer saya sampai 2 kali. Hal itu benar-benar menyebalkan sekali, karena menyebabkan beberapa data saya hilang, selain itu saya juga jadi kurang bersemangat untuk online, akibatnya beberapa artikel kontes saya seperti Mercedes-Benz Mobil Mewah Terbaik Indonesia dan Radio Streaming Murah jadi bergeser posisinya.

Oke, cukup curhatnya, sekarang kembali lagi kita fokus pada virus shortcut.

Saat sekarang ini banyak sekali komputer yang terserang virus shortcut 1234 Runmit, paling tidak hal itu sudah terjadi pada komputer-komputer disekitar saya. Virus ini banyak sekali menyerang komputer yang sering dimasuki flashdisk, karena media flashdisk adalah media yang paling digemari vrius shortcut 1234 runmit ini untuk menyebarkan dirinya.

Ciri-ciri yang paling terlihat dari komputer yang sudah terinfeksi virus shortcut adalah Virus Shortcut 1234 Runmit ini akan membuat File WATERMARK.EXE pada directory C:\Program Files\Microsoft dan juga pada C:\Program Files\Common Files\Microsoft

Sedangkan di Flashdisk virus tersebut akan membuat beberapa file shortcut dan file recycler serta file autorun.inf


Lantas, bagaimana cara memperbaiki komputer yang sudah terkena virus shortcut itu tanpa harus memformat dan menginstall ulang komputer kita?

Nah, cara ini pernah saya coba pada salahsatu komputer dan berhasil, caranya adalah dengan mengandalkan 3 buah antivirus (harus sudah update terbaru), yaitu memakai antivirus SMADAV V 8.5 dipadukan dengan SYMANTEC ANTIVIRUS serta AVG ANTIVIRUS 2011.

Langkah-langkahnya adalah:

a. Pertama amankan data dikomputer kita (backup data).
b. Setelah itu, install SMADAV V 8.5 dan SYMANTEC ANTIVIRUS (update terbaru).
c. Lalu scan semua drive di komputer kamu. Delete saja semua file virus yang terdeteksi.
d. Setelah selesai proses scan dengan kedua antivirus tersebut, lalu lanjutkan dengan menginstall antivirus AVG ANTIVIRUS 2011 + Update terbaru.
e. Lanjutkan dengan men-scan semua drive dengan AVG ANTIVIRUS 2011.
f. Hapus semua virus yang terdeteksi.

Kalau masih belum yakin dengan hasil scan yang pertama tadi, silahkan re-start komputer kamu, lalu scan ulang semua drive dikomputermu dengan semua antivirus tersebut. Dengan cara itu saya yakin semua virus akan terhapus.

Oya, pastikan bersihkan juga Flashdisk-mu dari virus tersebut dengan men-scan-nya. Jika ada file bekas virus yang tidak terhapus lakukan penghapusan manual.

0 komentar:

Poskan Komentar