Penyebab Kenapa Situs Tidak Bisa Dibuka/Tidak Tampil






Kemarin salah seorang teman saya membuat sebuah situs web (dengan konsep mirip seperti "Mari Berkomunitas Di Faceblog"), namun dia bingung dan bertanya pada saya "Kenapa situs tidak bisa dibuka, padahal sudah upload file situsnya tapi website tidak juga tampil ?".

Tampilan situs eror

Pertanyaan ini konon katanya juga menduduki peringkat atas daftar pertanyaan yang paling sering ditanyakan oleh pelanggan salah satu penyedia hosting yang cukup terkenal di Indonesia yaitu idwebhost.com, dan berikut saya cuplikkan bagaimana solusinya.

Kenapa situs tidak tampil?
  1. File tidak terupload ke direktori public_html
    Semua file website dan folder harus berada dibawah direktori public_html (atau lengkapnya/home/username/public_html). Di luar direktori tersebut file website tidak akan dapat ditampilkan. Pastikan Anda telah masuk ke direktori public_html dahulu baru mengupload file.
    Jika menggunakan FTP, pertama kali setelah software FTP Anda terkoneksi dengan server web hosting, direktorinya adalah /home/username/. Anda perlu mengklik folder public_html dahulu agar bisa masuk ke /home/username/public_html.
  2. Tidak ada file index
    Nama file yang pertama kali akan ditampilkan sebagai halaman depan haruslah index.* (index.htm, index.html, atau index.php). Tanpa file index, halaman depan website Anda tidak akan muncul.
  3. Penulisan nama file index salah
    Masih berkaitan dengan point 2 di atas, bisa jadi Anda telah mempiliki file index. Akan tetapi penamaannya salah (mengandung huruf kapital). Nama file index harus dalam huruf kecil. Contoh nama file yang benar :index.html / index.htm bukan Index.html / index.HTM
  4. Software yang digunakan untuk mendesain web tidak memenuhi syarat
    Meskipun tidak selalu terjadi, kadang – kadang apabila Anda membuat website dengan Microsoft Publisher, hasil output file html dari software tersebut tidak standard. Ukurannya cenderung membengkak, atau menggunakan tag (kode) html yang tidak standard. Hal ini menyebabkan website Anda tidak dapat tampil.
    Gunakan software yang memang diperuntukkan pembuatan website seperti Macromedia / Adobe Dreamweaver dan Microsoft Frontpage.

0 komentar:

Poskan Komentar