Pengaturan Privacy dan Keamanan Facebook Yang Harus Anda Ketahui


Pengaturan Privacy dan Keamanan Facebook Yang Harus Anda Ketahui

Akhir tahun 2009 lalu, tepatnya Desember 2009, Situs jejaring sosial terfavorit sedunia, yaitu Facebook mengeluarkan kebijakan Privasi dan Keamanan baru. Jika sebelumnya situs Facebook terkesan lebih tertutup, sekarang menjadi lebih terbuka terhadap semua informasi yang ada di akun facebook Anda.

Anda pasti mengalami permintaan pengaturan privasi ini yang dilakukan oleh facebook sendiri. Jika Anda benar-benar memperhatikan dan mengerti mengenai pengaturan keamanan dan privasi ini, berarti akun facebook Anda termasuk aman, namun jika hanya mengikuti Recomended dari Facebook, akan lebih baik Anda melihat lagi, pengaturan apa yang dirubah di akun Facebook Anda.

1. Siapa saja yang bisa melihat semua hal yang Anda Kemukakan (status, foto, video, dan lainnya)

Untuk mengetahui hal ini, masuklah pada menu Setting (terletak di bagian kanan atas halaman facebook Anda), lalu klik Privacy Setting, klik Profile Information lalu carilah tulisan Posts by Me/Kiriman dari Saya. Ini adalah bagian yang mengatur segala update status, catatan/notes, pranala, foto, dan video. Nah, disana Anda bisa melihat keterangan mengenai pengaturan Privasi dan keamanan Anda. Ubah settingannya sesuai dengan keinginan Anda.
Jika pada Desember 2009 lalu Anda hanya mengikuti Recommended dari Facebook, kemungkinan semua informasi itu dapat diketahui dan diakses oleh semua aplikasi dan pengguna Facebook lainnya.

Jika Anda nyaman dengan hal tersebut tidak masalah, namun jika ingin mengubah pengaturannya menjadi Hanya teman/only friends.

2. Data pribadi

Masih pada bagian Profile Information, lihat pada item ke-tiga, ke-empat, dan ke-lima, yaitu: tanggal lahir /birthday, kepercayaan dan pandangan politik /religious and political views, dan keluarga dan hubungan /family and relationship. Ini merupakan data-data yang sensitive, apa lagi tanggal lahir yang sering dijadikan untuk verifikasi.

Dan lagi-lagi jika anda menggunakan standar pengaturan Facebook dari Desember 2009 lalu, kemungkinan data-data tersebut bisa dilihat semua orang. Ada baiknya anda juga mengubah ini menjadi Hanya Teman/Only Friends atau jika Anda mengangga pengaturan standar facebook sudah nyaman, tentu saja tidak masalah.

3. Apakah Google bisa melihat data di Facebook?

Mundurlah satu tingkat dari halaman Profile Information ke halaman Pengaturan Privasi/Privacy Setting, klik Pencarian/Search, yaitu pada item ke-empat. Facebook sendiri pernah mengeluarkan pernyataan informasi di Facebook tidak akan diteruskan ke Google, dan orang yang mencari nama pengguna facebook di Google hanya akan diperlhatkan informasi dasar saja. Hal ini memang benar, namun tentu saja Anda harus melihat informasi dasar apa saja yang ditampilkan.

Pada bagian Public Search Result/Hasil Pencarian Umum, kita dapat melihat ada kotak centang yang bertuliskan "Izinkan/Allow". Dicentangnya kotak tersebut dapat menunjukkan tampilan halaman Profil Anda bagi orang yang buka teman Anda yang menemukan Profil Anda melalui mesin pencari Google. Pengaturan ini memungkinkan mesin pencari untuk mengakses informasi-informasi publik dan informasi apapun yang Anda ungkapkan untuk Semua. Dianjurkan untuk menghilangkan tanda centang pada kotak tersebut. Namun jika Anda lebih memilih tidak menghilangkannya juga tidak apa-apa.
Informasi mengenai seseorang, terlebih yang pribadi merupakan hal yang mesti dilindungi. Tentu saja kita tidak ingin identitas seenaknya saja digunakan oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Lakukan pengaturan Privasi dan keamanan yang tepat pada akun facebook Anda, jangan tunggu sampai ada kejadian buruk dulu baru mulai mengamankan informasi tentang anda.

Semoga bermanfaat…
Comment please…

0 komentar:

Poskan Komentar