Software konversi desimal ke derajat menit detik

Software konversi desimal ke derajat menit detik ini merupakan salahsatu tools pelengkap yang bisa digunakan dalam membantu mendeteksi atau melacak lokasi pengunjung blog blogspot yang kebetulan meninggalkan komentar sebagai Anonymous.

Identitas pemberi komentar anonymous di blogspot secara default tidak dapat terdeteksi, namun dengan sedikit menggunakan tools gratisan kita dapat mendeteksi IP adress, kota, ISP, bahkan koordinat Lintang Bujur komentator anonymous tersebut. Terkadang yang terdeteksi hanya IP ISP namun dengan mengaitkan data pendukung lainnya dan pola pengunjung dapat membantu melacak identitas pemilik / pemberi komentar tersebut, mengenai Lintang Bujur terdapat sedikit kendala karena tools yang digunakan untuk melakukan tracing menggunakan koodinat kartesian dalam sistem bilangan desimal, Sedangkan dalam peta dan perangkat navigasi menggunakan sistem bilangan derajat, menit detik.



Sebagai contoh salahsatu hasil pelacakannya yang masih menggunakan koordinat format desimal bisa dilihat di bawah ini , screenshot berikut menggunakan email tracer :
Pada posisi Longitude dan altitude menggunakan koordinat dalam bilangan desimal.

Contoh koordinat dari pelacakan email bisa dilihat di bawah ini
Koordinat : IP address latitude : -34.5000 jika dikonversi ke format degree koordinat geografi hasilnya -34 derajat 30 menit 0 detik

Manfaat melakukan konversi sistem bilangan tersebut dapat meminimalisir pergeseran koordinat antara yang tercantum di website berikut dan perangkat mobile navigasi seperti gps (hp atau modem yang dilengkapi fitur gps)
Sebagai acuan bisa dilihat rinciannnya di bawah ini :
a. Misalkan rata2 jari-jari bumi 6400 km (jari-jari bumi bervariasi tergantung koordinat Lintang Bujur)
b. Maka 1 derajat di peta sebanding dengan 35555.55 m (jarak di bumi)
1 menit di peta sebanding dengan 592.59 m di bumi
1 detik di peta sebanding dengan 9.88 meter di bumi
Jika salah memasukkan koordinat hingga selisih 10 detik, sehingga lokasi pelacakan bergeser 10 detik maka pergeseran di bumi sekitar 98,8 meter. jika bergeser 20 detik maka ada selisih pergeseran sekitar 197,6 meter.



Software ini bisa digunakan untuk melakukan konversi dari bilangan desimal ke derajat menit detik atau sebaliknya konversi dari derajat menit detik ke desimal .Referensi lengkapnnya bisa dilihat disini convert degrees/minutes/seconds angles


Softwarenya bisa di download disini convert decimal to degree minute second

0 komentar:

Posting Komentar