Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri


Hai sobat, kali ini saya ingin share tentang bagaimana Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri. Sebenarnya untuk sobat yang memiliki hosting berbayar, sobat sudah memiliki alamat Email dengan Domain yang terdaftar di hosting tersebut. Tinggal membuat dan memanfaatkannya, hanya saja terkadang email yang memanfaatkan fitur di cpanel hosting masih jauh dari security yang kuat, terkadang malah mengganggu kinerja server, karena banyaknya email spam yang masuk, apalagi sedang dapat serbuan spammer besar-besaran. Jadi, cara yang paling disarankan adalah membuat alamat email dengan domain sendiri menggunakan layanan gratis yang disediakan oleh Google, yaitu Google Apps.

01 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

01 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

Google Apps merupakan sebuah layanan yang di berikan oleh Google kepada seluruh pengguna internet untuk mendapatkan fitur Gmail, Google Documents, Google Sites, dan banyak lagi dengan domain sendiri. Hanya perlu daftar, konfigurasi dan email siap digunakan untuk semua fitur Google. Dan yang paling menarik yaitu, server dari Google hampir 100% uptime, tidak pernah down, selain itu Google Apps GRATIS.

Ada 3 jenis layanan yang diberikan oleh Google Apps, yaitu:

  1. Google Apps (individuals, groups and entrepreneurs, maksimal 50 akun email)
  2. Google Apps for Business (berbayar, $50 per user per tahun, Full Control dan Fiturnya banyak)
  3. Google Apps for Education (untuk Pendidikan)

Untuk lebih jelasnya silahkan kunjungi http://www.google.com/apps/.

Langsung saja pada tahapan pembuatan alamat email dengan domain sendiri, berikut langkah-langkahnya:

  • Buka situs Google Apps di http://www.google.com/apps/
  • Disana tertera 3 pilihan Google Apps, pilih yang pertama (Google Apps), klik “learn more
  • Selanjutnya, pada sebelah kanan situs, klik “Get Started
  • Masukan nama Domain sobat, tanpa www, misalnya: bloggernesia.co.cc, kemudian klik “Get Started
  • Pada tahapan selanjutnya, sobat diminta untuk mengisi informasi tentang diri sobat. Isikan saja semua dengan benar, yang wajib di isi adalah yang memiliki tanda bintang (*), selain itu tidak di isi tidak apa-apa dan jangan lupa memberikan tanda centang pada “I understand that if I cannot alter DNS records for my domain, I may impact my organization’s ability to use Google Apps.“, jika sudah, klik “Continue
  • Langkah selanjutnya yaitu sobat diminta untuk mengisi form tentang akun administrator yang akan memanajemen seluruh akun yang ada. Isikan dengan benar. Jika sudah, scrol kebawah, dan klik tombol “I accept. Continue with setup
  • Selamat, akun Google Apps telah berhasil dibuat. Tetapi belum bisa dipergunakan untuk fitur-fitur yang disediakan, apalagi layanan email. Sobat perlu konfirmasi kepemilikan nama domain, dan konfigurasi MX Server Address di cPanel hosting.

Selanjutnya adalah konfirmasi nama domain, agar layanan Google Apps dengan domain yang didaftarkan tadi dapat aktif dan sobat dapat memanfaatkan berbagai fitur yang diberikan. Berikut langkahnya:

  • Pilih tab “Setup“, klik “next” terus sampai muncul halaman seperti berikut:

02 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

02 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

  • Pilih metode konfirmasi kepemilikan domain yang anda inginkan. Disini saya memilih “Upload an HTML file to your server“, download file yang sudah disediakan, lalu upload file tersebut ke hosting (nomor 1), lebih tepatnya letakan di path “public_html” atau jika domain sobat adalah domain addons, maka letakkan saja di folder domain addons tersebut, yang penting kalau di akses menjadi http://domain.com/file.html. Selanjutnya coba akses file tersebut dengan klik link yang ada pada nomor 3.
  • Jika file berhasil di akses, maka langkah selanjutnya yaitu klik tombol “Verify“.
  • Selamat, dalam beberapa menit domain sobat akan aktif. Menunggu resolved saja dari system Google Apps, dan fitur yang diberikan dapat sobat pergunakan, kecuali layanan email, karena perlu konfigurasi MX Server Address di cPanel Hosting.

Baiklah, sekarang langkah terakhir, yaitu mengaktifkan fitur webmail, agar sobat bisa mengirim dan menerima email. Berikut langkah-langkahnya:

03 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

03 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

  • Pilih tab Dashboard, pada bagian bawah, sobat akan menemukan informasi seperti pada gambar diatas. Itu berarti fitur email belum di aktifkan, untuk mengaktifkan, klik “Activate email
  • Pada tahapan selanjutnya sobat diminta untuk melakukan konfigurasi MX Records (MX Entry) pada cPanel hosting.
  • Sekarang, coba kembali ke cPanel hosting, kemudian cari menu “Mail” > “MX Entry

04 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

04 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

  • Pilih nama domain yang tadi sobat daftarkan di Google Apps. Pada bagian bawah, defaultnya akan ada 1 MX Record yang tersedia, hapus MX Record tersebut.
  • Setelah itu, add MX Records baru sesuai dengan apa yang diperintahkan oleh Google Apps, berikut data yang harus sobat tambahkan:

05 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

05 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

  • Pada saat mengisi informasi, hilangkan tanda titik (.) yang terakhir pada MX Server address. Sebagai contoh, saya mengisinya begini:

06 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

06 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

  • Sampai muncul tanda centang hijau, itu baru benar, dan klik tombol “Add New Record”
  • Lakukan sampai selesai, ada 7 MX Server Address dan seharusnya menjadi seperti berikut:

07 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

07 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

  • Jika sudah, sekarang kembali ke halaman Google Apps tadi, dan klik tombol “I have completed these steps“.
  • Proses update MX Server Address, memerlukan waktu sekitar 48 jam, menurut System, tetapi kemungkinan kurang dari 24 jam saja sudah aktif, jadi tunggu saja. Jika sudah aktif, email sudah siap digunakan. Proses updating sedang berlangsung, berikut gambarnya:

08 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

08 Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri

Selesai sudah Cara Membuat Alamat Email Dengan Domain Sendiri. Silahkan pergunakan dengan bijaksana. Sekian, maaf jika tutornya membingungkan, selamat mencoba.

0 komentar:

Posting Komentar