PHP

PHP

PHP merupakan singkatan dari “PHP: Hypertext Preprocessor”, adalah sebuah bahasa scripting yang terpasang pada HTML. Sebagian besar sintaks mirip dengan bahasa C, Java, asp dan Perl, ditambah beberapa fungsi PHP yang spesifik. Tujuan utama bahasa ini adalah untuk memungkinkan perancang web untuk menulis halaman web dinamik dengan cepat.
B. Kelebihan PHP
Pada saat ini bahasa PERL dan CGI sudah jauh ketinggalan jaman sehingga sebagian besar designer web banyak beralih ke bahasa server-side scripting yang lebih dinamis seperti PHP.
Seluruh aplikasi berbasis web dapat dibuat dengan PHP. Namun kekuatan yang paling utama PHP adalah pada konektivitasnya dengan system database di dalam web. Sistem database yang dapat didukung oleh PHP adalah :
1. Oracle
2. MySQL
3. Ms. Access
4. Sybase
5. PostgreSQL
6. dan lainnya
PHP dapat berjalan di berbagai system operasi seperti windows 98/NT, UNIX/LINUX, solaris maupun macintosh. Keunggulan lainnya dari PHP adalah PHP juga mendukung komunikasi dengan layanan seperti protocol IMAP, SNMP, NNTP, POP3 bahkan HTTP
C. INSTALASI WEBSERVER
Web server merupakan server internet yang mampu melayani koneksi transfer data dalam protocol HTTP. Web server merupakan hal yang terpenting dari server di internet dibandingkan server lainnya seperti e-mail server, ftp server ataupun news server. Hal ini di sebabkan web server telah dirancang untuk dapat melayani beragam jenis data, dari text sampai grafis 3 dimensi. Kemampuan ini telah menyebabkan berbagai institusi seperti universitas maupun perusahaan dapat menerima kehadirannya dan juga sekaligus menggunakannya sebagai sarana di internet.
Web server juga dapat menggabungkan dengan dunia mobile wireless internet atau yang sering di sebut sebagai WAP (wireless Access Protocol) yang banyak digunakan sebagai sarana handphone yang memiliki fitur WAP. Dalam kondisi ini, webserver tidak lagi melayani data file HTML tetapi telah melayani WML (wireless Markup Language)
Salah satu software yang kita rekomendasikan dan sudah digunakan oleh SMADA selama 4 thn lebih adalah Appserv versi 2.5.4a. Software tersebut dapat kita download secara gratis pakai google dengan kata kunci “appserv-win32-2.5.4a.zip” merupakan software open source yang sekarang ini sudah merebut pasar dunia lebih dari 50%. Web server ini fleksibel terhadap system operasi windows9x/NT. Bagi pengguna linux dapat memanfaatkan Lampp.
D. Instalasi
Setelah kita berhasil mendownload Appserv versi 2.5.4a. Software ini bentuknya application, sehingga kita bisa langsung menginstalnya seperti software lainnya.
Setelah kita berhasil menginstalnya, jika kita tidak melakukan perubahan directory ketika menginstalnya maka software tersebut akan otomatis tersimpan di directory “c:\appserv\”, pilih typical, server name pilih localhost, username isikan root, password kosongkan.
E. Test Server
Setelah selesai install server, buka internet Explorer, pada address ketikkan localhost, maka akan tampil banyak link, yang terpenting adalah link phpmyadmin yang biasa digunakan untuk mengatur (dump) database.
F. Latihan Scripting PHP
Sebelumnya, gunakan windows Explorer, masuk directory “c:\appserv\www\ “ hapus semua file di directory ini ( kecuali directory phpmyadmin ).
Apa yang harus dipersiapkan untuk belajar pemrograman PHP MySQL ini:
1. Program PHP
2. Web Server Apache
3. Database MySQL
4. Editor (Ex: Macromedia Dreamweaver, EditPlus, dll)
5. MySQL Editor (Ex :phpmyAdmin, MySQL Front, dll)
Untuk program PHP – Apache – MySQL – phpMyadmin, banyak distribusi program yang sudah dipaket yang berisi ke 3 program diatas. Artinya dengan satu kali install, maka kita secara otomatis akan tersinstall ke 3 program diatas, misalnya PHPTriad, AppServ, Vertrigo, Xampp, Wamp dan banyak lagi yang lainnya.
Penjelasan awal Instalasi sampai dengan bagaimana menampilkan data MySQL di Browser.
1. Instalasi
Silahkan download distribusi paket PHP – Apache – MySQL – phpMyadmin. Saya menggunakan distribusi Vertrigo 2.10 yang tersedia di web http://sourceforge.org dengan spesifikasi sebagai berikut :
- Apache 2.0.59
- PHP 5.1.4
- MySQL 5.0.24
- PhpMyAdmin 2.8.2.1
2. Membuat Database dan Tabel
Sebelum membuat database tabel di MySQL, pastikan bahwa semua Service berjalan (Apache). Saya biasanya menggunakan phpMyadmin untuk membuat database, membuat tabel, mengisi tabel dan sebagainya (klo ada yg mudah, kenapa susah-susah). Buat database, misalnya databse dengan nama project. Untuk mengakses phpMyadmin ketik http://localhost/phpmyadmin di browser.
CREATE DATABASE project;
Kemudian buat satu tabel dengan nama tabel users
CREATE TABLE users (
username VARCHAR(32) NOT NULL,
password VARCHAR(32) NOT NULL,
full_name VARCHAR(50) NOT NULL,
PRIMARY KEY (username)
)
Masukkan minimal dua record (data) ke tabel users
INSERT INTO users (username, password, full_name) VALUES
(’hendy’, ‘rahasia’, ‘Hendy Prima’),
(‘inspirat’, ‘asal?, ‘Media inspirat’);
3. Koneksi PHP ke MySQL
Silahkan buka notepad atau aplikasi dreamweaver :
/**
* Koneksi PHP ke MySQL
* date: 2 Desember 2009
* tujuan: Contoh Koneksi
* @author credit to Media inspirat Network
*/
/*
* koneksi ke MySQL
* script : mysql_connect(“host”, “username”, “password”);
*/
$conn = mysql_connect(“localhost”, “root”, “inspirat”);
if ($conn){ // => sama dengan if ($conn == true)
echo “Koneksi ke Server sukses
”;
} else {
echo “Koneksi ke Server Gagal
”;
exit; // => program tidak akan mengeksekusi code berikutnya (keluar)
}
/*
* memilih database
* script : mysql_select_db(“nama_database”);
*/
$select_db = mysql_select_db(“project”);
if ($select_db){
echo “Memilih database sukses
”;
} else {
echo “Memilih database Gagal
”;
exit;
}
/*
* menampilkan data
* script query ke database : mysql_query(“SQL statement”);
* script ambil data : mysql_fetch_array(“Hasil Query”);
*/
$sql = “SELECT * FROM users”; // Perintah SQL untuk menampilkan data seluruhnya
$res = mysql_query($sql); // Perintah Query ke database
while ($row = mysql_fetch_array($res)){ // Looping selama data ada
echo “Nama : $row[full_name]
”; // Menampilkan data di kolom (field) full_name
}
?>
Ternyata mudah yah, tapi dulu ga semudah yang saya bayangkan, berapa kali try and error, memang penuh perjuangan dan sedikit kesabaran. Ada beberapa error yang mungkin muncul, diantaranya :
Error:
Warning: mysql_connect() [function.mysql-connect]: Access denied for user ‘root’@’localhost’ (using password: YES) in G:\Web\VertrigoServ\www\exercise\blog\index.php on line 13
Solusinya:
Tenang, jangan panik, cek baris 13. Biasanya ada kesalahan setting pada script ini mysql_connect(“host”, “username”, “password”) host = localhost, username = root dan password = password_anda, jika password kosong cukup tulis mysql_connect(“host”, “username”, “”).
Error:
Parse error: parse error, unexpected ‘=’ in G:\Web\VertrigoServ\www\exercise\blog\index.php on line 25
Solusi:
Jika masih ada kesalahan penulisan script, misalnya kurang $ ($conn => conn), yang lain, silahkan di cari.

0 komentar:

Poskan Komentar