virus hp paling berbahaya

Virus di hp sama seperti virus komputer. Selayaknya sebuah program virus, yakni program yang dapat menginstall dirinya sendiri, mereka dapat menyebabkan kerusakan baik secara langsung maupun tidak. Walaupun ada beberapa dari mereka yang tidak menyebabkan kerusakan, tapi mereka tetap menyebabkan kerugian.

Berikut daftar dari 10 virus paling berbahaya yang pernah ditemukan di handphone:
1. Cabir
http://www.lammersonline.nl/content/binary/cabir_exclamation.jpg

Quote:
Ditemukan: Jun 2004
Nama alias: SymbOS/Cabir.A, EPOC/Cabir.A, Worm.Symbian.Cabir.a, Caribe
Target: Handphone Symbian s60v2
Tersebar melalui: Bluetooth
Kerusakan: memberlambat kinerja handphone

Cabir merupakan worm yang menyebar melalui koneksi Bluetooth dan masuk ke inbox pesan dengan nama yang menarik. Jika file tsb dibuka dan di install, Cabir akan mulai mencari sasaran ponsel lain yang sedang terbuka akses sambungan Bluetooth-nya untuk menyebar. Cabir akan mengaktifkan Bluetooth secara periodik, sekitar 15-20 menit sekali, untuk mendapatkan sasaran handphone lain. Tidak ada kerusakan berbahaya, tetapi baterai hp akan habis lebih cepat karena bluetooth terus menerus digunakan.

2. Skulls
http://www.babilim.co.uk/blog/jpg/symbianos_virus_skulls_skulls.jpg
Quote:
Ditemukan: November 2004
Nama alias: SymbOS.skulls, skulls.sis, Extenhded theme.sis
Target: handphone Symbian
Tersebar melalui: Internet
Kerusakan: handphone tidak bisa digunakan lagi selain untuk menelpon dan menerima panggilan.

Ketika terinstall, Skull H akan menampilkan notification message: “Install beta_092_free-sms-RM8″ dan Skull S menampilkan pesan “Install BlueNum Stealer”, dan beberapa pesan aneh lainnya. Jenis Trojan ini merusak sistem dan menyebabkan menu icon berubah menjadi icon tengkorak. Tidak hanya dapat mengubah icon, Skull dapat merusak semua aplikasi yang icon-nya telah diubah. Biasanya ketika aplikasi yang terinfeksi akan dibuka maka yang akan muncul adalah error message.

3. CommWarrior

Quote:
Ditemukan: Jan 2005
Nama alias: random
Target: Handphone Symbian s60v2
Tersebar melalui: Bluetooth dan MMS
Kerusakan: Mengirim virus replikasi melalui MMS untuk semua nomor dalam contacs, menghabiskan pulsa.

Virus ini keberadaan nya sering tidak disadari karena nama yang digunakannya tidak tentu. Serangan jenis virus ini sangat bervariasi, tetapi yang paling umum adalah virus akan menyebar melalui Bluetooth. Beberapa varian dari virus ini juga akan mengirim MMS acak ke nomor yang tersimpan di contacs. Varian terakhir yang ditemukan adalah Commwarrior T. yang menulari Symbian 8.1 (s60v2) atau versi sebelumnya. Virus ini akan menyebar dan kadang-kadang membuka halaman HTML berisi pesan seperti ini:
“Introduction Surprise! Your phone infected by CommWarrior worm v3.0. Matrix has you, CommWarrior inside. No panic please, it is very interesting to have mobile virus at own phone. This worm does not bring any harm to your phone and your significant data. About CommWarrior worm for Nokia Series60 provides automatic real-time protection against harmful Anti-Virus content. CommWarrior is free software and is distributed in the hope that it will be useful, without any warranty. Thank you for using CommWarrior. CommWarrior © 2005-2006 by e10d0r.”

4. Locknut
http://www.f-secure.com/weblog/archives/locknut2.jpg
Quote:
Ditemukan: Mar 2005
Nama alias: unknown
Target: Symbian s60
Tersebar melalui: Internet download
Kerusakan: crashing sistem handphone (ROM)

Locknut atau SymbOS.Locknut adalah Trojan yang menggunakan backdoor dalam sistem Symbian S60. Virus ini berbahaya karena dapat mengubah data binary (file ekstensi .bin) dalam ROM handphone dari sistem, dan menyebabkan sistem operasi handphone berhenti. Locknut E, salah satu varian dari virus ini, akan merusak file-file penting dalam sistem Symbian dan menyebabkan aplikasi yang terinfeksi tidak dapat dibuka. Dengan cara ini, lama-kelamaan handphone akan terkunci secara total.

5. Fontal
Quote:
Ditemukan: April 2005
Nama alias: unknown
Target: ponsel Symbian s60
Tersebar melalui: Internet download
Kerusakan: Mengunci handphone sejak pertama dinyalakan sehingga tidak dapat digunakan.

Jika Locknut mengunci handphone secara bertahap, maka Fontal akan mengunci handphone sejak pertama kali dinyalakan.

6. RommWar
Quote:
Ditemukan: -
Nama alias: theme.sis, xxx.sis, Britney_.sis, atau nama-nama menarik lainnya yang memancing lo untuk melakukkan instalasi
Target: Symbian s60
Tersebar melalui: bluetooth, MMS, dan internet
Kerusakan: menyebabkan handphone tidak dapat melakukkan booting, sering restart sendiri

Bila proses instalasi berjalan, layar akan menampilkan pesan seperti ini: “Install Stoper by WarriorMarrior?”
RommWar terdiri dari 4 varian yakni A,B,C dan D yang kesemuanya memiliki fungsi menyebabkan handphone tidak dapat melakukkan booting, sering restart sendiri, mematikan fungsi tombol power, dan mencegah handphone untuk menyala saat dinyalakan.

7. DoomBoot
Quote:
Ditemukan: -
Nama alias: Doom_2_wad_kracked_by_DFT_S60_v.1.0.sis (menyamar sebagai mobile games Doom 2), exoVirusStopv2.13.19 (menyamar sebagai program antivirus)
Target: symbian s60
Tersebar melalui: bluetooth
Kerusakan: membuat file corrupted, mencegah reboot handphone, jika berhasil reboot maka harus melakukkan hard-reset

Doomboot termasuk jenis virus Trojan. Banyak varian yang telah ditemukan, seperti Doomboot A, C, L, F, G, dan P. Doomboot A membuat file corrupted, dan setelah menjangkiti suatu file, ia akan menempatkan virus lain seperti CommWarrior.B ke dalam handphone. File yang rusak akan mencegah handphone untuk menjalankan rebooting. Selain itu, virus ini juga menyebabkan baterai akan cepat habis karena terus menerus menggunakan koneksi bluetooth.

8. CardTrap
Quote:
Ditemukan: -
Nama alias: menyamar sebagai game terkenal seperti Kingkong, Half Life, Battlefield 2, dll. Terkadang juga menyamar sebagai aplikasi misalnya SeleQ 1.7 – kracked TNT.sis
Target: handphone Symbian s60 dan PC berbasis Windows
Tersebar melalui: memory card
Kerusakan: menyebabkan aplikasi penting menjadi malfungsi, kekacauan sistem, merusak fungsi beberapa tombol

Virus handphone pertama yang dibuat untuk juga menyerang komputer berbasis Windows. Ia akan menaruh 2 file virus ke dalam memory card handphone. Banyak varian telah ditemukan, seperti CardTrap P, Q, R, S hingga alphabets ganda seperti CardTrap AA, AG, AJ, dll. Cardtrap merusak sistem dengan mematikan beberapa aplikasi penting, terutama aplikasi antivirus. Jika memory card yang terkena virus ini dihubungkan ke PC, maka CardTrap akan menanam dirinya sendiri ke PC tsb dan menyebarkan diri.

9. PBStealer
Quote:
Ditemukan: -
Nama alias: ChattingYuk.sis, PBCompressor.sis
Target: handphone Symbian s60
Tersebar melalui: bluetooth
Kerusakan: mengeksploitasi nomor kontak, daftar agenda, database dan notepad

PBStealer adalah virus handphone yang berasal dari Indonesia, berbanggalah kita dengan Indonesia… hahaha. Virus ini akan mengcopy data-data penting di handphone kita semisal contacs, to-do list, notes, dll kedalam format .txt dan kemudian akan disebarkan ke handphone lain semisal bluetooth. Sekilas terlihat tidak berbahaya tapi bagaimana jika ada data penting kita yang disebarkan dan digunakan untuk tujuan kriminal?

10. AppDisabler
Quote:
Ditemukan: -
Nama alias: -
Target: Symbian
Tersebar melalui: bluetooth, MMS
Kerusakan: menginstall virus-virus lain yang berbahaya sekaligus, seperti Locknut, Cabir serta Skulls, sehingga menyebabkan seluruh sistem operasi terhenti.

Bisa dikatakan, inilah virus handphone paling berbahaya yang pernah ada karena menggabungkan beberapa jenis virus sekaligus. Jika virus ini sudah merasuki handphone kita, yang bisa dilakukkan hanyalah say goodbye. Beli handphone baru deh. (haxims.blogspot.com)

0 komentar:

Posting Komentar