cara setting APN telkomflash

Ketika Telkomsel meluncurkan layanan internet unlmited dengan item produk Telkomsel Flash, banyak antusiasme masyarakat. Mulai dari kontroversi, ataupun memuji, dan bahkan mencaci maki lewat forum. Layanan ini diluncurkan pada tanggal 26 Mei 2008, bertepatan dengan Ulang Tahun Telkomsel yang ke-13 (wah angka sial tuh...?). Saya sendiri mulai menggunakan layanan ini sejak 11 Agustus 2008, karena tergabung dalam corporate jadi saya mendapat discount hanya membayar Rp. 100.000/bulannya + ppn, untuk paket unlimited basic dengan speed 256 kbps (katanya seh...), sedangkan jika bukan corporate diharuskan membayar Rp. 125.000/bulan + ppn.

Dari komentar yang saya baca melaui forum-forum menemukan banyak masalah, dari mulai komplain masalah speed yang tidak sesuai dengan promo, susahnya untuk koneksi, sampai membengkaknya tagihan... (wah gawat...), dan lost connection, bahkan saya baca ada juga yang merekomendasikan untuk tidak menggunakan layanan ini. Sejauh ini menggunakan layanan ini saya memang tidak terlalu puas terhadap Telkomsel, tapi menurut saya yaa tidak terlalu parah kok! penilaian saya cukup baik, ingat layanan Telkomsel Flash menggunakan koneksi wireless, jangan membandingkan layanan ini dengan provider yang menggunakan kabel serat optik seperti First Media misalnya. Saya pernah menggunakan layanan internet sejenis dengan menggunakan kartu XL, hasilnya wah... mending pake Telkomsel aja dech... sinyal UMTS alias 3G tidak stabil dan sering Request Time Out.

Menurut saya dengan Rp.125.000/bulan itu sudah sangat murah bos!!! Operator lain atau provider internet wireless lain sejauh pengamatan saya belum ada yang kasih harga Unlimited dengan harga segini, maaf bukannya promosi neh? tapi kalo memang ada yang lebih murah dan bagus boleh juga kasih tahu ke saya, :) . Maaf bukannya saya memuji layanan Telkomsel Flash, tapi saya hanya menuliskan pendapat saya yang netral dan sejujur-jujurnya. Saya menggunakan layanan ini dengan koneksi modem handphone Nokia N70 Music, dengan kabel DKU 2 dan PC Swite dan tinggal di daerah Cipete, Jakarta Selatan hasilnya cukup baik.

Memang ada beberapa ketidakpuasan saya akan layanan ini , untuk speed saya rasa lumayan, saya mengujinya beberapa kali dengan menggunakan situs www.speedtest.net speed yang saya dapat bisa mencapai 241 kbps, untuk download paling cepat 29 kbps. lumayan kenceng kan? Memang di jam-jam tertentu kadang (antara jam 6 sore sampai 10 malam) saya pernah gagal melakukan koneksi, lalu dengan mencoba 2-3 kali langsung bisa connect lagi. Satu kali saya pernah tidak bisa connect dari jam 6 sore sampai subuh, setelah tanya customer service, masalah jaringan baik-baik saja, mungkin hanya temporary saja, kalau dalam 1x24 jam tetap tidak bisa connect, saya disuruh menghubungi kembali. Tetapi waktu itu saya mencoba connect dengan menggunakan APN yang berbeda yaitu: telkomsel, (biasanya, saya gunakan APN: internet) saya bisa online tetapi dengan kualitas koneksi yang sangat parah, dan pada keesokan harinya saya online kembali dan normal.

Berikut tips dari saya yang mungkin bermanfaat:

1. Jika anda ingin mencoba layanan Telkomsel Flash Unlimited, anda diharuskan berlangganan kartu Hallo. Silahkan datang ke Grapari Telkomsel dan isi form isian untuk langganan kartu Hallo dan jangan lupa isi juga form untuk layanan Telkomsel Flash Unlimitednya. Ini penting karena setelah daftar kartu hallo kita belum otomatis bisa menggunakan layanan Telkomsel Flash Unlimited.

2. Sebaiknya kita ambil paket tanpa modem, gunakan handphone sebagai modem. Jika kita tidak puas akan layanan ini kita bisa berhenti kapan saja, sedangkan untuk paket modem, kita akan dikenakan pinalti jika kita memutuskan untuk berhenti sebelum 1 tahun dengan membayar sejumlah rupiah. Modem dapat kita beli dikemudian hari dengan harga yang lebih murah menurut saya dan bisa menentukan berbagai pilihan dan merek.

3. Setelah kita mendapatkan Chip Simcard dan mengaktifkan kartu Hallo, sebaiknya jangan langsung melakukan koneksi internet dulu, tanyakan ke customer service dengan menelpon 111 apakah layanan Telkomsel Flash Unlimitednya sudah aktif atau belum. Jika belum wah... jangan coba-coba connect dah walaupun bisa, nanti bisa-bisa jual tanah buat bayar, he.. he..

4. Setting APN Telkomsel Flash Unlimited, untuk setting APN ini menggunakan internet dan telkomsel, pastikan username dan password di kosongkan saja karena jika tidak, kata operatorya seh bakalan kena tarif GPRS lagi wah.. ati-ati bos!!! Secara default setting pada handphone username: wap dan password: wap123 jadi sekali lagi pastikan username dan password dikosongkan saja. Saya sendiri menggunakan APN internet dengan username dan password dikosongkan, menurut saya speed lebih kenceng daripada pake APN telkomsel dan juga operator hanya merekomendasikan setting APN internet. Jangan sekali-kali menggunakan APN Flash, di jamin bisa jual rumah ntar...

5. Jika kita menggunakan layanan Unlimited, maka untuk mengecek tagihan berjalan kita menggunakan *888# atau *887# menjadi tidak aktif. Kita bisa gunakan *999# lalu pilih 1 (kartu hallo) lalu pilih 1 lagi (tagihan bulan berjalan) disini akan diterangkan tagihan anda sampai dengan hari kemarin diluar abunemen + ppn. Alias jika kamu menggunakan kartu hallo ini juga buat sms dan telp maka akan ada tagihannya. Dan jangan khawatir layanan *999# ini gratis bro! atau kamu juga bisa menghubungi customer service di 111 untuk tagihan real kita, dan layanan ini juga gratis bro!

6. Tagihan membengkak, setelah kita cek *999# weeeitt, ternyata ada tagihan GPRS jangan panik dulu bro! selama kamu memastikan mengikuti langkah point 3 dan 4 diatas, menurut pengalaman saya dan teman-teman maupun di forum, kita abaikan saja tagihan tersebut. Tagihan yang benar adalah tagihan yang akan dikirimkan melalui surat ke alamat kita. Jika masih ragu, tanyakan saja ke operator.

7. Kecepatan browsing maupun download bergantung pada, komputer, jenis modem, yang digunakan dan coverage area pada daerah masing. Kebetulan di daerah saya sinyal 3G stabil, he.. he..

Jika masih ada yang bingun atau perlu ditanyakan bisa mengisikan pada kolom komentar, Selamat Online...!

0 komentar:

Posting Komentar